BREAKING NEWS : Azis Syamsuddin Ditahan KPK, Tersangka Kasus Suap Lampung Tengah

  • Whatsapp
Mengenakan rompi orange, Azis Syamsuddin ditahan KPK.

JAKARTA, Monitoringjak.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Sabtu (25/9) dini hari. Azis telah ditetapkan sebagai tersangka suap pengurusan DAK Lampung Tengah tahun 2017.

Dari pantauan Monitoringjak.com saat penangkapan, Azis telah mengenakan rompi oranye tahanan KPK. Pergelangan tangannya juga telah diborgol.

Bacaan Lainnya

Setelah penangkapan, Azis turun dari ruang pemeriksaan di lantai dua KPK sekitar pukul 00.23 WIB, dibawa menuju ruang konferensi pers. Setelah selesai konferensi pers, Azis dibawa ke ruang tahanan KPK.

Sebelumnya, Azis dijemput paksa penyidik KPK di rumahnya, dibilangan Jakarta Selatan. Azis langsung dibawa ke Gedung KPK untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ia dijemput lantaran mangkir dari panggilan penyidik KPK.

Kasus dugaan suap pengurusan DAK Kabupaten Lampung Tengah tahun 2017, Azis bersama dengan mantan Ketua PP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) Aliza Gunado memberikan uang senilai Rp3.099.887.000 dan US$36 ribu kepada mantan penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju.

Berdalih Isoman, Ternyata Negatif Saat Dijemput KPK

Azis Syamsuddin sempat tidak memenuhi panggilan pemeriksaan KPK dengan alasan harus menjalani isolasi mandiri (Isoman).

Azis harus menjalani Isoman, dia mengaku sempat berinteraksi dengan salah seorang yang dinyatakan terinfeksi virus Corona.

Alasan tersebut disampaikan Azis melalui sepucuk surat yang dikirim ke KPK pada Kamis (23/9/2021), Azis meminta agar pemeriksaan dijadwalkan pada Senin, 4 Oktober 2021.

“Sehubungan dengan surat panggilan KPK No. SPGL/4507/DIK.01.00/23/09/2021 tanggal 15 September 2021, di mana saya diminta menghadap penyidik KPK pada hari Jumat, 24 September 2021, untuk didengar keterangannya, maka saya dengan ini bermaksud menyampaikan permohonan penundaan pemeriksaan tersebut menjadi tanggal 4 Oktober 2021,” demikian isi surat tersebut.

Baca Juga :   Kajati Maluku Utara Janji Kawal Kasus Remaja Putri Tewas Diperkosa Bergiliran

“Adapun alasan penundaan tersebut dikarenakan saat ini saya sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) karena beberapa waktu lalu saya berinteraksi dengan seseorang yang dinyatakan positif Coronavirus,” katanya.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar itu menyatakan hanya mematuhi anjuran pemerintah. Di mana, seseorang harus menjalani isoman setelah berinteraksi dengan pihak yang kemudian dinyatakan positif COVID-19.

“Hal ini saya lakukan untuk mematuhi anjuran pemerintah untuk melakukan isoman jika berinteraksi dengan orang yang dinyatakan positif Coronavirus dan juga untuk mencegah penyebaran rantai Coronavirus,” sambungnya.

KPK sebetulnya mengharapkan kehadiran Azis memenuhi panggilan pada ‘Jumat Keramat ‘. Harapan agar Azis memenuhi panggilan pemeriksaan pada Jumat Keramat disampaikan Ketua KPK Firli Bahuri kemarin.

Azis Dijemput Penyidik

Jumat (24/09/21) malam, Azis dijemput penyidik untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK.

Dia diketahui sudah ditetapkan sebagai tersangka terkait perkara dugaan korupsi yang menjerat mantan Bupati Lampung Tengah Mustafa.

Sebelum dibawa ke gedung KPK, Azis menjalani tes swab antigen. Hasilnya, Wakil Ketua Umum Golkar itu negatif COVID-19.

“Yang bersangkutan kami persilakan mandi dan persiapan dulu, sambil menunggu penasihat hukum. Test swab antigen negatif,” ungkap Wakil Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Jumat (24/9/21).

Azis pun sudah tiba di gedung KPK pada pukul 19.54 WIB. Dia mengenakan kemeja batik, dan langsung masuk gedung KPK. (WAN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *